Rahasia Membuat Seblak Bandung Terenak

  • Raja-Makan
  • Jan 08, 2021
Rahasia Membuat Seblak Bandung Terenak

Seblak adalah makanan yang kompleks yang terdiri dari sayur, sosis, baso dan bisa di padukan dengan bahan yang lainnya. Lebih enak lagi kalau kita bisa membuatnya sendiri yang pastinya menghemat pengeluaran dan juga lebih sehat karena bahan-bahannya yang kita pilih sendiri.

Seblak dari bandung memang sangat terkenal dengan bumbunya yang meresap dan isian yang lengkap serta rasa gurih yang khas dari seblak membuat lidah kita dimanjakan oleh rasanya. Berikut adalah cara membuat seblak serta resep dan bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat seblak di rumah.

Siapkan Bahan dan Alat untuk Membuat Seblak

Untuk bisa membuat seblak kamu membutuhkan bumbu halus dan bahan isian yang bisa kamu dapat dengan beli di pasar tradisional dan pasar modern berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat seblak:

Bumbu halus:

  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Kencur sebanyak 1 ruas
  • Cabai rawit sesuai pedas yang kamu inginkan

Bahan isian:

  • Telur sebanyak 1 butir
  • kerupuk udang mentah  sesuai selera (rendam dalam air panas hingga layu)
  •  makaroni sesuai selera
  • 3 buah sosis dengan diiris tipis
  • 3 butir bakso dengan diiris tipis

Cara Membuat Seblak Bandung yang Enak dan Lezat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat seblak Bandung adalah

  1. Pertama siapkan dulu bawang putih, kencur, dan cabai rawit yang telah di haluskan
  2. Siapakan alat masak wajan dan minyak secukupnya untuk digunakan menumis, bahan yang harus ditumis adalah bumbu halus yang talah kita haluskan tadi
  3. Setelah bumbu halus sudah tercium bau harumnya kemudian kita masukan telur dan aduk sampai merata
  4. Setelah memasukan telur yang dimasukan setelah bumbu halus tercium harum, kemudian masukan krupuk yang telah di rendam di air hangat begitu pula dengan makaroninya masukan bahan satu persatu.
  5. Setelah memasukan kerupuk dan makaroni tadi selanjutnya kita tambahkan air secukupnya.
  6. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa dan garam sesuai takaran. Agar rasa seblak yang kamu buat enak di lidah.
  7. Tunggu sampai matang dengan melihat air dalam wajan mendidih pertanda seblak akan matang.
  8. Setelah itu pindahkan seblak dari wajan ke piring atau mangkuk, serta jangan lupa matika kompornya.
  9. Seblak Bandung yang gurih dan sedap siap di sajikan di meja yang bisa dimakan untuk menemani kita saat menonton TV.

Gampang banget kan cara buatnya, cara membuat seblak Bandung ini bisa dilakukan oleh kamu yang juga bukan seorang yang ahli masak atau kamu yang belum pernah sama sekali memasak. Rasa gurih dan pedas menjadi ciri khas dari seblak Bandung. Bahan-bahannya yang mudah dicari dan disesuaikan dengan selera kamu. Selnajutnya saya juga akan memberikan cara-cara membuat makanan yang lainnya. Sehingga kamu yang ga bisa masak pun akan tertarik untuk mencobanya, seblak juga enak dimakan saat musim hujan yang bisa menghangatkan badan kamu dikala hujan.

Seblak juga memiliki rendah kalori jadi aman buat kamu yang lagi menjalani progtam diet dengan catatan jangan memakan seblak terlalu pedas bagi kamu yang tidak suka pedas atau memiliki masalah pada lambung karena pedas bisa membuat asam lambung naik jadi harap berhati-hati.

Itulah tadi informasi cara membuat seblak dari saya kurang lebihnya mohon maaf, semoga informasi tadi bisa membuat kamu tertarik untuk mencobanya dan memasak di rumah.