Cara Menentukan Harga Jual Makanan Online

  • 2 min read
  • Feb 03, 2021
Jual Makanan Online

Untuk menentukan harga jual makanan online tidak semudah yang di bayangkan dan di lakukan sembarangan, sebabnya akan berpengaruh terhadap usaha makanan yang kamu jalani. Untung atau rugi yang nantinya akan kamu terima yang di tentukan oleh harga jual yang telah kamu pasangan. Terus apa sih yang harus diperhatikan sebelum memberikan harga jual pada produk makanan, atau adakah yang harus di pikirkan secara matang saat menentukan harga pada suatu produk.

Seiring dengan perubahan zaman yang semakin maju sehingga mengefek pada perkembangan ekonomi juga, sehingga perkembangan dalam kegiatan bisnis kuliner juga sangat meningkat. Apalagi sudah banyak usaha-usaha yang memasarkan produk makanannya di online, dengan memasarkan produk makanan kamu di online yang memiliki akses pasar yang luas karena lebih dari 42% penduduk bumi menggunakan smartphone dan tidak menutup kemungkinan sebagian besar pengguna online tersebut menjadi pelanggan kamu di usaha online.

Jika kamu adalah seorang yang jago memasak maka kamu memiliki kesempatan yang besar dalam usaha kuliner di online tersebut. Akan tetapi jangan sampai keahlian kamu dalam memasak akan terbuang sia-sia karena kamu melakukan usaha tapi memiliki produk dengan harga jual yang tidak sebanding dengan keahlian kamu dalam memasak. Untuk itu menentukan harga jual makanan juga sangat penting mungkin cara berikut ini bisa membantu kamu dalam menentukan harga jual makanan kamu.

1. Menentukan Segmen Pasar yang di Tuju

Langkah pertama ini sangat penting dalam menentukan harga jual makanan kamu, karena sebelum kamu menentukan harga jual kamu harus tahu dahulu seperti apa nantinya konsumen yang akan kamu targetkan dan konsep makanan seperti apa yang akan kamu buat. Dengan begitu kamu akan gampang dalam menentukan harga jual makanan kamu, bukan hanya itu dalam konsep ekonomi jika suatu perusahaan tidak bisa menentukan kemampuan daya beli dari konsumennya maka dapat dipastikan umur usaha tersebut tidak akan lama.

2. Memperkirakan Modal

Pastinya kamu berwirausaha agar nantinya modal yang telah kamu keluarkan akan Kembali dengan kelebihan sedikit minimal untuk pertama kali harus bisa mengembalikan modal yang telah di keluarkan. Untuk itu kamu harus benar-benar dalam menghitung modal yang keluar dan berapa produk yang di hasilkan dari modal tersebut, kemudian di tambah lagi dengan biaya-biaya lainnya setelah itu kamu dapat menentukan harga jual dari makanan kamu.

3. Tenaga

Dalam berwirausaha tentunya kita akan mengeluarkan tenaga dalam memproduksi sebuah produk atau dalam pelayanannya. Untuk bisa mengembangkan bisnis kamu dalam menjual makan maka harus di berikan pelayanan yang maksimal agar nantinya mendapat penilaian yang bagus dari pelanggan kamu. Dari penilaian yang bagus dari satu pelanggan saja akan membuat pelanggan lainnya berdatangan ke bisnis kamu. Misalkan kamu berjualan di online maka berikan informasi tentang produk kamu dengan baik dan menarik, kemudian kamu harus merespons pelanggan kamu dengan ramah.

4. Laba

Setalah kamu dapat menentukan modal yang di butuh kan dalam usaha kamu, maka selanjutnya kamu bisa memperhitungkan laba atau keuntungan yang akan kamu dapatkan dari usaha tersebut. Menentukan laba bertujuan untuk menargetkan jumlah pembeli yang harus membeli produk kamu, agar nantinya jika ada produk yang sedikit di beli maka kamu dapat melakukan Analisa bisnis kamu dengan baik. Sumber yang membuat produk kamu kurang laku terletak di mana misalnya kurang dalam promosi atau mungkin produk kamu tidak di minati oleh pelanggan kamu. Setelah terdapat masalahnya kamu bisa memutar otak agar produk kamu bisa di terima olah pelanggan kamu.

Jual makanan online memang bukan hal mudah, memang kelihatannya mudah hanya dengan memanfaatkan media sosial saja sudah bisa. Nyatanya tidak semudah itu, banyak hal yang harus di siapkan dengan matang dan harus memiliki mental berwirausaha yang bagus agar bisnis kamu di online tidak mudah di gulung oleh pesaing kamu.