Kasus Virus Corona Semakin Bertambah di Indonesia, Apa Sebabnya?

  • 2 min read
  • Apr 19, 2020
Virus Corona

Sepekan kasus virus corona di Indonesia masih banyak sekali jumlah korban berjatuhan yang disebabkan oleh covid-19. Untuk secara global saat ini di seluruh dunia sudah tercatat kurang lebih ada 1. 607.595 kasus. Sedangkan untuk jumlah kematian sudah mencapai 95. 785 serta pasien yang sembuh sudah sebanyak 357. 164 jiwa. Dari angka tersebut memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan karena masih banyak sekali peningkatan dari berbagai macam negara yang ada di dunia.

Dengan jumlah kasus tersebut berarti bila dihitung maka secara keseluruhan dapat dijelaskan bahwa ada penambahan kurang lebih hampir 600.000 kasus hanya dalam waktu satu minggu saja. Akan tetapi salah satu Epidemolog dari beberapa peneliti di Indonesia juga sudah tidak heran bila penambahan tersebut terjadi. Apalagi untuk jumlah setengah juta dalam satu minggu. Apabila secara global sesuai dengan apa yang telah menjadi prediksi bahwasanya sampai saat ini masih akan terus mengalami peningkatan apabila mengingat jumlah angka reproduksi covid-19 yang masih berada di atas 1.

Salah seorang Epidemolog yang dulunya memang pernah ikut dalam salah satu tim untuk penanganan virus flu burung yang sedang terjadi di Indonesia sudah banyak memberikan keterangan bahwa jumlah angka penambahan tersebut yang terjadi secara global masih tetap akan terus terjadi sampai dengan semua negara akan mengalami puncak gelombang yang pertama. Hal ini karena menurut beberapa kemungkinan masih akan terjadi gelombang kedua yang memang sangat mungkin terjadi apabila diingat dari virus corona yang merupakan salah satu jenis virus baru yang sangat berbahaya bagi manusia.

Dengan melihat perkembangan virus tersebut yang masih saja mengalami perkembangan setiap harinya maka memiliki beberapa potensi yang cukup signifikan bagi Indonesia sendiri untuk masih akan terus mengalami peningkatan jumlah pasien yang positif covid-19. Hal ini dikarenakan angka reproduksi yang kemungkinan besar terjadi di Indonesia yakni di antara 2-3 pasien yang akan sangat berpotensi menularkan virus tersebut dari satu orang ke orang yang lain. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa pola penambahan tersebut diperkirakan akan terus bertambah setiap harinya.

Peningkatan jumlah kasus virus covid-19 yang semakin tinggi setiap harinya di Indonesia tidak lain juga masih banyak yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia yang belum mengetahui seberapa mengerikan dan menakutkan virus tersebut. Dengan begitu untuk mencegah penularan covid-19 yang semakin menyebar luas seperti sekarang ini salah satunya adalah dengan melakukan tes masal bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Meskipun memang pada dasarnya sangat banyak sekali tindakan yang bisa digunakan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 tersebut salah satunya adalah dengan rajin melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Akan tetapi saat ini sudah muncul fakta baru bahwasanya sebenarnya pasien yang sudah positif covid-19 tersebut tidak memiliki gejala apapun meskipun sebenarnya sedang terpapar covid-19. Kondisi seperti inilah yang sebenarnya sangat berbahaya.

Oleh karena itu untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 lakukan semua yang menjadi arahan pemerintah supaya melakukan social distancing serta hindari bergerombol. Dan bila memang terpaksa untuk keluar dari rumah maka jangan lupa untuk menggunakan masker dan jangan sering menyentuh daerah di area muka karena sangat berbahaya. Dan muka adalah bagian yang sangat riskan sebagai media untuk masuknya virus corona ke dalam tubuh. Apabila Anda ingin konsultasi dengan dokter seputar corona bisa kunjungi aplikasi Halodoc.