Tips Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskuler Bersama SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 05, 2021
Tips Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskuler Bersama SehatQ

Kardiovaskuler merupakan sistem untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh dari jantung. Penyempitan sistem kardiovaskuler menjadi penyakit yang sangat mematikan dan bisa menyerang pria maupun wanita.

Kondisi kritis bagi penderita kardiovaskuler ini membutuhkan penanganan sesegera mungkin. Oleh karena itulah penting untuk tahu tanda-tanda apakah kamu memiliki penyakit ini. Jangan sampai menunda perawatan karena penyakit kardiovaskuler sangatlah berbahaya.

Gejala Kardiovaskuler yang Harus Segera Ditindaklanjuti

Ada beberapa jenis penyakit kardiovaskuler yang perlu diwaspadai seperti terjadinya serangan jantung, aritmia, aterosklerosis, strike, penyakit jantung koroner, gagal jantung dan masih banyak lagi. Untungnya setiap jenisnya memiliki gejala yang bisa diperhatikan.

Apa saja gejala yang mengarah pada penyakit kardiovaskuler dan harus segera diatasi? Berikut ini macam-macam gejala yang perlu diperhatikan.

  • Terasa Nyeri di Dada

Gejala yang paling mudah dirasakan adalah angina atau munculnya rasa nyeri di dada. Penderita akan merasa nyeri yang teramat sangat seperti menembus di dada. BIasanya rasa nyeri terjadi pada bagian dada sebelah kiri.

Kondisi nyeri juga bisa menjadi tanda serangan jantung. Penyebabnya karena sistem kardiovaskular tersumbat dan muncul penggumpalan darah. Bisa termasuk kondisi jantung koroner atau angina.

  • Mudah Berkeringat Dingin

Gejala penyakit kardiovaskuler lainnya adalah munculnya keringat dingin. Walaupun penderita tidak sedang berolahraga, keringat dingin bisa muncul kapan saja. Biasaya telapak tangan akan terasa basah karena keringat.

Namun apabila keringat dingin disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, pusing dan merasa tidak nyaman pada bagian perut, leher, dan punggung maka gejala sudah parah. Sebelum berbahaya hentikan aktivitas dan periksakan diri ke dokter.

  • Sesak Napas

Penderita juga akan lebih mudah mengalami sesak napas kapanpun. Bukan karena penyakit asma tapi karena darah bercampur oksigen yang dihasilkan oleh jantung tidak berjalan lancar.

Padahal oksigen dibutuhkan untuk membuang karbon dalam tubuh. Oleh karena itu jantung terus melakukan upaya untuk memompa darah namun karena sistem kardiovaskuler terganggu darah yang dibutuhkan tidak mengalir ke seluruh tubuh.

  • Kaki dan Perut Bengkak

Pembengkakan juga bisa terjadi pada bagian kaki serta perut. Ada dua jenis penyakit kardiovaskuler yang menimbulkan gejala ini yaitu penyakit katup jantung dan penyakit jantung bawaan.

Pembengkakan bisa terjadi pada saat malam hari di mana kedua bilik jantung tak dapat memompa darah dengan baik. Sehingga aliran darah melambat dan darah dapat kembali ke jantung. Maka akan terjadi penumpukan pada kaku dan perut.

  • Mudah Pingsan

Bukan hanya anemia saja yang menjadi penyebab utama seseorang bisa pingsan. Namun penyakit katup jantung juga bisa jadi penyebabnya. Ketika sistem pembuluh darah tidak bekerja maka siapa saja bisa langsung pingsan.

Hal ini sangat berbahaya ketika terjadi saat sedang mengendarai kendaraan. Banyak yang mengalami kecelakaan akibat pingsan ketika gejala penyakit kardiovaskuler muncul.

Jangan tunggu sampai penyakit kardiovaskuler semakin parah. Segeralah pergi ke

dokter penyakit dalam terdekat jika mengalami gejala-gejala di atas. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi SehatQ untuk mencari di manakah lokasi dokter yang terdekat.

Tinggal masuk ke direktori dokter dan pilih layanan pemeriksaan untuk penyakit dalam. Kemudian pilih kota di mana saat ini kamu tinggal beserta hari periksa. Maka akan muncul hasil pencarian dokter terdekat mana saja yang tersedia.

Memeriksakan diri langsung ke dokter akan membantu kamu mendapatkan diagnosis sedini mungkin. Sehingga bisa mendapat perawatan intensif dan penyakit kardiovaskuler tidak menjadi semakin parah.