Tips Aman dan Mudah Memberikan Perawatan Luka Kanker di Rumah

  • 2 min read
  • Sep 23, 2020
Perawatan Luka Kanker

Masuk dalam salah satu kategori penyakit kronis yang sangat fatal akibatnya bila tidak mendapatkan perawatan yang tepat, menjadikan kanker sebagai salah satu penyakit yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar pasien yang menderita kanker adalah mereka yang berjenis kelamin perempuan. Namun jangan salah karena saat ini angka pasien kanker untuk jenis kelamin laki-laki juga sudah cukup tinggi. Kanker bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan segera maka akibatnya bisa sangat fatal yakni kematian. Terlebih bila sudah muncul luka pada tubuh, seperti contohnya adalah kanker payudara, diperlukan perawatan yang cukup intensif supaya luka bisa cepat kering dan sembuh. Lalu bagaimana caranya untuk memberikan perawatan luka kanker di rumah? Mudah atau justru susah?

Yang namanya merawat pasien kanker terlebih di rumah dan dilakukan secara mandiri tanpa bantuan suster atau tenaga medis yang lain memang bukan perkara yang gampang dan bisa dibilang sangat susah untuk dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini karena merawat luka yang diderita oleh pasien kanker memang ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena bila sampai ada yang salah atau tidak sesuai bisa berakibat fatal misalnya luka semakin parah dan kanker menjadi semakin kronis.

Luka yang dimiliki oleh pasien penderita kanker memang mudah sekali untuk mengalami pendarahan. Maka dari itu, sangat penting dalam melakukan perawatan dilakukan dengan cara yang sangat hati-hati. Apabila seseorang sudah terkena kanker yang mungkin menyerang pada salah satu organ yang ada di dalam tubuh, lama kelamaan luka bisa menjadi semakin lebar dan besar. Maka dari itu, berikut ini adalah tips mudah dan aman untuk memberikan perawatan luka pada penderita kanker di rumah:

  • Satu hal yang sangat perlu untuk menjadi perhatian bahwa yang namanya luka kanker itu masuk dalam kategori luka yang biasa dan bukan luka steril. Jadi sebisa mungkin siapkan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan saja tetapi dengan catatan alat tersebut bersih tidak perlu steril. Bila perlu izinkan pasien untuk mandi terlebih dahulu sehingga balutan yang ada di luka kanker bisa dengan mudah lepas. Selanjutnya yaitu buka balutan luka dengan hati-hati dan sabar jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu.
  • Bila sudah cuci tangan jangan lupa lengkapi tangan Anda dengan menggunakan sarung tangan yang masih baru dan bersih. Setelah selesai jangan lupa untuk membilas luka dengan menggunakan Nacl atau bisa juga dengan menggunakan bahan herbal yakni dengan rebusan air jambu biji. Oleskan salep yang mengandung metronidazole. Bila susah di oleskan pada luka bisa Anda lakukan pada balutan yang menempel pada luka tersebut. Jangan lupa yang terakhir tambahkan kassa dan tutup dengan plester sehingga menghindarkan dari infeksi.

Di atas adalah beberapa tips mudah dan aman yang bisa Anda lakukan untuk memberikan perawatan luka kanker di rumah dan dilakukan secara mandiri. Apabila Anda ragu untuk melakukannya sendiri di rumah, jangan khawatir, Aido adalah layanan pusat kesehatan yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan perawatan luka pada pasien kanker yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus datang ke rumah sakit. Jangan ragu dengan kualitasnya karena tidak berbeda jauh dengan pasien yang datang langsung ke rumah sakit, karena tenaga kesehatan dari Aido sudah terbukti professional dalam bidangnya dan yang terpenting seluruh perawat sudah memiliki STR.