10 Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Kota dan Kabupaten Bekasi

  • 2 min read
  • Aug 01, 2020
Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Bekasi

Pasien yang dinyatakan positif COVID-19 semakin bertambah, terutama di kota-kota besar seperti Bekasi. Untuk menangani hal ini, pemerintah Kabupaten Bekasi telah menyiapkan sebanyak 10 rumah sakit rujukan kasus virus COVID-19. Dengan tersedianya rumah sakit rujukan ini, diharapkan semua pasien yang menderita virus corona bisa mendapatkan layanan kesehatan secepatnya sesuai dengan prosedur yang tepat.

Daftar 10 Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Bekasi

Sebagai upaya penanganan terhadap pasien yang dinyatakan positif virus corona, Pemkab Bekasi telah menyediakan 10 rumah sakit sebagai tempat pengobatan atau isolasi pasien. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari dr Alamsyah selaku Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi covid-19 di daerah Bekasi. Nah, kesepuluh rumah sakit tersebut diantaranya:

  1. RSUD Kabupaten Bekasi
  2. RS Sentra Medika
  3. RS Hermina Grandwisata
  4. RS Adam Thalib
  5. RS Annisa
  6. RS Siloam Cikarang
  7. RS Mitra Keluarga Cikarang
  8. RS Omni Cikarang
  9. RS Cibitung Medika
  10. RS Graha MM2100

Mekanisme Penanganan COVID-19

Sementara itu, dr Alamsyah juga menjelaskan terkait bagaimana mekanisme rujukan pasien COVID-19. Mekanisme penanganan rujukan dilakukan dengan cara masyarakat langsung menghubungi Call Center di nomor 119 atau 112. Selanjutnya, petugas kesehatan akan segera menjemput serta mengantarkan pasien menuju ke rumah sakit. Tujuan mekanisme pelayanan seperti ini adalah supaya bisa mengurangi kontak dengan orang-orang lainnya.

Selain itu, dr Alamsyah juga menuturkan bahwa untuk masyarakat yang masih berstatus sebagai ODP atau Orang Dalam Pemantauan, maka proses isolasi bisa dilakukan di rumah masing-masing. Beliau juga menghimbau kepada masyarakat yang pernah melakukan kontak dengan pasien yang dinyatakan positif COVID-19 untuk segera menghubungi Call Center. Begitu pula dengan masyarakat yang pernah bepergian ke luar negeri.

Khusus bagi pasien yang sudah dinyatakan positif COVID-19 melalui swab test, maka akan dibawa ke salah satu rumah sakit rujukan yang sudah ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk memberikan penanganan terhadap pasien kasus COVID-19. Salah satunya adalah RS Omni Cikarang.

Langkah Lain Penanganan  COVID-19 di Bekasi

Selain menyiapkan sejumlah rumah sakit rujukan, pemerintah Kabupaten Bekasi juga melakukan berbagai upaya lainnya. Langkah penanganan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bekasi diantaranya adalah dengan cara membuat PIKOKABSI atau Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Bekasi. Selain itu, ada juga surat edaran yang diberikan oleh Bupati Bekasi. Pemerintah pusat juga membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus corona.

Bukan hanya itu, pemerintah juga senantiasa menghimbau masyarakat yang beraktivitas untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Baik dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak atau physical distancing, serta protokol kesehatan lainnya. Tentu saja, ini semua demi menekan angka kasus positif di Kabupaten Bekasi itu sendiri.

Dengan memberikan pelayanan yang cepat terhadap kasus virus corona, maka diharapkan pasien bisa sembuh dan nantinya bisa beraktivitas seperti sedia kala. Tentu saja, pemerintah sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat agar bisa bersama-sama melawan dan memerangi COVID-19. Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, maka kasus COVID-19 bisa diatasi dengan baik.

Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi dengan dokter terkait masalah kesehatan namun tidak ingin berkunjung langsung ke RS Omni Cikarang, maka tidak perlu khawatir karena sekarang ada layanan dokter online melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi ini akan menghubungkan antara pasien dengan para dokter yang profesional untuk melakukan konsultasi. Baik terkait virus corona maupun masalah kesehatan yang lainnya.

Bagi warga Bekasi yang membutuhkan informasi terkait penanganan COVID-19, bisa langsung menghubungi nomor Call Center bebas pulsa di 112 dan 119. Sementara untuk nomor hotline PIKOKABSI yang bisa dihubungi diantaranya adalah 08111139927, 02189910039, serta 085283980119. Masyarakat tidak perlu khawatir karena semua laporan terkait kasus COVID-19 akan ditangani secara cepat tanggap oleh pemerintah Bekasi.