Sering kali dari saat ini behel gigi atau kawat gigi ini menjadi tren fashion yang disukai banyak orang. Hal ini ditandai dengan banyaknya orang yang menggunakan kawat gigi walaupun mereka sudah memiliki struktur gigi yang cukup bagus. Saat ini dengan perkembangan waktu banyak orang menawarkan untuk memasang kawat gigi yang sebenarnya mereka kurang kompeten di bidang itu.

Dan itu bukan kabar baik karena ini dapat membahayakan kesehatan Anda meskipun harganya relatif terjangkau. Oleh karena itu Anda harus waspada jika Anda ingin memutuskan sesuatu. Dan Anda juga harus tahu kelebihan dan kekurangan dari apa yang akan Anda lakukan.

Berikut adalah efek samping dari memakai behel gigi yang harus Anda ketahui.

Yang pertama adalah sulit untuk membersihkan sisa makanan yang terjebak di antara kawat dan briket. Tentu saja jika kondisi ini dibiarkan maka gigi akan menjadi kotor. Kuman dan bakteri yang muncul dan menjadi keras akan mudah sekali hidup di mulut. Kuman akan mudah sekali terselip di antara kawat dan karetnya, jika tidak rajin memakai obat kumur di mulut. Banyak kuman dan bakteri hidup di mulut, maka bagian tersebut akan menyebabkan bau mulut menjadi lebih banyak lagi. Terlebih lagi, kondisi gigi sulit dibersihkan karena ada kawat gigi.

Yang berikutnya adalah penularan penyakit. Pasang behel gigi pada tukang yang tidak berlisensi atau ilegal semakin menambah risiko buruk terkena penyakit menular dan sebagainya. Ini disebabkan alat yang digunakan belum terjamin kebersihannya apalagi langsung bersentuhan dengan mulut. Gigi bisa goyang pada saat tulang yang menahan gigi berubah mengikuti kawat yang mencekat gigi di atasnya.

Kawat gigi alergi terhadap logam termasuk nikel, tembaga, dan kromium. Sekitar 30 persen pasien ortodontik dari semua pasien memiliki alergi terhadap logam yang dapat menyebabkan rasa sakit dan efek pada telinga. Selain efek samping yang cukup berbahaya yang ada di atas, memakai kawat gigi juga bisa menyebabkan terjadinya nama tartar. Namun jangan khawatir, ahli dari RATA, The First Indonesian Clear Aligner pasti akan membantu Anda mengatasi permasalahan gigi dengan aman, nyaman, dan tepat.