Jual Nasi Tumpeng Jakarta

  • 3 min read
  • Dec 12, 2019
Jual Nasi Tumpeng Jakarta

Nasi tumpeng merupakan sebuah masakan yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia terutama yang berada di Pulau Jawa. Jenis masakan ini sering disajikan dalam perayaan acara-acara besar seperti ulang tahun, perayaan kantor maupun acara keluarga. Sebagian besar masyarakat Jakarta menganggap, jika merayakan suatu perayaan kurang lengkap kalau tidak ada nasi tumpeng. Sehingga, permintaan nasi tumpeng di kota Jakarta cukup banyak dan menjadi sebuah bisnis kuliner yang sangat menjanjikan.

Royal Tumpeng, sebuah usaha catering rumahan yang berada di bilangan Bekasi, usaha ini tidak mau ketinggalan dalam menghadirkan momen-momen yang spesial  dengan menghadirkan menu nasi tumpeng dan usaha ini juga bertujuan untuk melestarikan warisan kuliner Indonesia. Karena sejak dahulu, tumpeng dikenal memiliki filosofi yang cukup mendalam. Filosofi tersebut berawal dari sebuah keyakinan oleh penduduk pulau jawa yang menganggap bahwa arwah para leluhur yang bersemayam di daerah pegunungan, semestinya harus kita muliakan. Namun lambat laun kepercayaan yang melekat pada nasi tumpeng ini pun ikut memudar seiring berjalannya waktu dan diganti dengan perwujudan rasa syukur terhadap nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa untuk hambanya.

Pada masyarakat Jawa dan Bali, makna tumpeng sendiri berasal dari akronim “Yen meTu Kudu Mempeng”. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah “Jika keluar harus benar-benar semangat” makna ini yang dikaitkan dengan hubungan antara Tuhan dengan manusia. Terlepas dari filosofi tersebut, Royal Tumpeng menyajikan keunikan nasi tumpeng seperti di bawah ini:

  • Nasi Tumpeng yang dibuat kerucut

Dulu, nasi tumpeng hanya identik dengan nasi putih, di mana nasi putih yang digunakan melambangkan sebagai kesucian. Namun seiring dengan perkembangan jaman, terjadilah perubahan variasi dari nasi tumpeng yang semula hanya menggunakan nasi putih sekarang berubah menjadi nasi kuning, di mana nasi kuning ini melambangkan kemakmuran dan rasa syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pembentukan ujung kerucut dari tumpeng yang runcing dan lebih tinggi merupakan penggambaran dari kedudukan Tuhan di atas manusia.

  • Lauk Utama dari Nasi Tumpeng

Setelah nasi, lauk utama yang disajikan dalam nasi tumpeng yang dihadirkan oleh Royal Tumpeng adalah menggunakan ayam. Jaman dulu, ayam yang digunakan adalah ayam jantan sebagai simbol penolak segala sifat buruk yang ada pada diri setiap manusia seperti egois, ingin menang sendiri, merasa paling benar, dan sifat buruk lainnya. Saat ini, nasi tumpeng hanya menggunakan ayam potong yang lebih banyak diminati yang sudah diolah dengan cita rasa yang menggugah selera makan Anda. Namun, dengan sejumlah modifikasi dan penggantian bahan ini tidak akan mengurangi kesan dan nilai sakral dari Nasi Tumpeng sendiri.

  1. Lauk selanjutnya yang disajikan dalam Nasi Tumpeng adalah telur yang dapat disajikan dalam bentuk rebus maupun goreng sesuai dengan pesanan Anda. Makanan sumber protein hewani ini memang sering menghiasi dalam penyajian Nasi Tumpeng. Rasa yang gurih dengan potongan yang tipis memanjang, ini menyiratkan makna kalau manusia terlahir dari nol dengan cara yang sama. Meski disajikan dengan rupa dan tampilan yang berbeda, proses pengolahan dari telur ini melambangkan bahwa seluruh target harus direncanakan secara matang, sehingga akan menghasilkan sesuatu yang baik dan maksimal.
  2. Lauk tempe orek atau tempe kering menjadi lauk khas lain yang selalu ada di setiap penyajian nasi tumpeng. Penggunaan kedelai sebagai bahan baku dari tempe ini menjadi penegasan jika hasil tanah yang dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, mampu untuk mencukupi kehidupan dan memberikan kemakmuran kepada seluruh makhluk hidup terutama kita sebagai manusia.
  3. Sayuran dan buah segar seperti tomat (kini juga menggunakan tomat cherry), mentimun, daun selada, dan wortel. Semua sayuran dan buah ini juga menambah kesan cantik dalam setiap hiasan dari tumpeng. Jika di jaman dulu, masyarakat hanya mengolah sayuran segar ini menjadi sayur urab, maka kini sayuran tersebut dapat disajikan segar untuk mendapatkan nutrisi yang lebih sempurna. Sayur yang disajikan sebagai bahan pelengkap pada tumpeng bukan sekadar menjadi hiasan saja, tetapi sayur yang disajikan juga mengandung makna kalau seluruh capaian dari manusia selama menjalani hidup harus ditujukan untuk semua hal yang baik.

Sementara itu, cara dalam menghias nasi tumpeng yang beralaskan daun pisang dan berbagai macam lauk pauk mengelilinginya ini, juga mengandung filosofi dan pesan tersendiri. Misalnya saja, di dalam satu wadah nasi tumpeng harus terdapat 7 jenis lauk pauk yang berbeda. Angka 7 dalam bahasa Jawa yaitu ‘pitu’ atau pitulungan yang dimaknai sebagai sebuah bentuk pertolongan kita. Filosofinya adalah kita sebagai manusia meyakini bahwa tiada pertolongan yang lebih baik untuk diharapkan kecuali pertolongan yang diberikan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah informasi tentang Nasi Tumpeng Jakarta yang bisa saya berikan untuk Anda, semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat jika anda ingin mengetahui informasi lebih lengkapnya Anda bisa langsung mengunjungi royalsnackbox.com untuk mengetahui informasi lebih jelasnya tentang penggunaan lauk pauk dan harga dari Nasi Tumpeng Jakarta ini.