Resep Kue Lapis Khas Indonesia yang Legendaris

  • 2 min read
  • May 19, 2020
Resep Kue Lapis

Kue Lapis, Hidangan favorit di indonesia adalah kue mentega yang sangat kaya akan rasa, legit, bumbu yang dipanggang lapis demi lapis, dibumbui dengan bumbu campuran seperti kayu manis dan pala. Kue lapis khas Indonesia bisa dibilang menjadi salah satu camilan yang wajib dimiliki di rumah ketika keluarga dan teman-teman datang berkunjung. Kue lapis juga menawarkan rasa dan tekstur yang menarik, ketika diisi dengan buah kering atau campuran seperti buah prune, cranberry, atau pure buah seperti durian, serta , keping cokelat atau coklat, dan lainnya.

Terlebih lagi, kini saat bulan Ramadhan kue-kue atau hidangan manis lainnya sangat digemari untuk menu buka puasa dirumah. Anda dapat mencoba membuat kue lapis sendiri dirumah dengan resep yang telah kami siapkan

Cara Membuat Kue Lapis:

Bahan-bahan:

  • 455 g mentega, dilunakkan pada suhu kamar
  • 1 sdt campuran rempah, ditumbuk
  • 115 g tepung terigu
  • 17 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 255 g gula

Cara Membuat:

  1. Lumuri bagian bawah dan sisi Loyang kue dengan 8 inci mentega. Potong kertas yang tahan panas agar pas dengan dasar timah. Tempatkan kertas dan lumasi dengan mentega. Nyalakan pengaturan panggangan (hanya panas atas) dari oven Anda dan panaskan sampai cukup panas sekitar 170 derajat C.
  2. Ayak campuran bumbu dan tepung bersama.
  3. Dalam mangkuk mixer bersih dengan lampiran dayung pada mixer Anda, aduk krim mentega sampai ringan dan halus (biasanya menggunakan tingkat kecepatan antara 3 hingga 4 pada mixer), sekitar 10 menit. Pindahkan ke mangkuk besar. Cuci mangkuk mixer dan lap sepenuhnya kering.
  4. Dalam mangkuk mixer yang telah dibersihkan dengan alat pengocok pada mixer Anda, kocok kuning telur dengan gula 200 gram sampai kental. Pindahkan ke mangkuk lain. Cuci mangkuk mixer dan lampiran pengocok dan lap sepenuhnya kering.
  5. Dalam mangkuk mixer yang sudah dibersihkan, masih dengan alat pengocok, kocok putih telur dengan sisa gula sampai kental.
  6. Lipat secara bergantian, campuran kuning telur dan campuran putih telur ke mentega krim, tambahkan sedikit tepung setiap kali.
  7. Tempatkan loyang di bawah panggangan selama 1 menit. Angkat dan tempatkan dalam satu sendok penuh adonan kue. Oleskan adonan secara merata dan panggang selama 5 menit atau sampai coklat muda. Keluarkan loyang dari panggangan dan gunakan tusuk sate atau tusuk gigi, tusukkan ke bagian atas kue untuk mencegah terbentuknya gelembung udara.
  8. Tambahkan sendok penuh adonan kue di atas lapisan yang dipanggang dan sebarkan merata, pastikan adonan menutupi semua sudut. Panggang dan ulangi proses seperti untuk lapisan pertama, sampai adonan kue habis. Saat memanggang 3 lapisan terakhir, letakkan loyang di rak paling bawah, sekitar 3 cm dari dasar oven. Panggang sampai berwarna cokelat muda dan matang. 3 lapisan terakhir akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk dipanggang.
  9. Ketika lapisan terakhir telah kecokelatan dengan baik, segera hapus kue dari kaleng. Balikkan, sisi atas ke atas, ke rak pendingin hingga dingin selama 30 menit. Anda dapat memotong semua sisi, cukup untuk menunjukkan pola berlapis.
  10. Saat siap untuk disajikan, potong setebal 1 cm atau 1/2 inci di sepanjang kue. Potong panjang ini menjadi potongan-potongan dengan lebar yang sama.