7 Tips Semangat Kerja Saat Puasa yang dapat Anda Terapkan

7 Tips Semangat Kerja Saat Puasa yang dapat Anda Terapkan

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam karena berbagai kebaikan akan memberikan nilai berharga bagi yang menjalankan puasa. Menjaga kesehatan tubuh saat puasa sangat diperlukan terutama ketika Anda harus bekerja mulai dari pagi sampai sore hari. Simaklah tips semangat kerja saat puasa di bawah ini supaya Anda tidak mudah lemas saat bekerja seharian di bulan ramadhan!

Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup

Tips semangat kerja saat puasa yang pertama adalah memberikan hidrasi yang cukup pada tubuh. Meski sedang puasa, kebutuhan cairan di dalam tubuh tidak boleh berkurang. Anda tetap harus minum 2 liter air perhari untuk menjaga kestabilan cairan serta elektrolit.

Menghindari Kafein dan Soda

Minuman dengan kadar kafein tinggi tidak begitu baik jika dikonsumsi saat puasa, terutama untuk berbuka dan perut dalam keadaan kosong. Begitu pula dengan soda, yang dikhawatirkan akan memicu dehidrasi pada tubuh Anda.

Menghindari Makanan Berlemak

Segala jenis makanan berlemak sebaiknya dihindari saat Anda sedang menjalani ibadah puasa. Kandungan lemak jenuh akan menghambat proses penyerapan nutrisi pada tubuh sehingga badan terasa mudah lelah.

Sahur di Akhir Waktu

Seperti yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW, sahir di akhir waktu memang sangat dianjurkan dalam segi medis. Sahur mendekati waktu imsak membuat proses pencernaan menjadi lebih optimal karena tidak berbenturan dengan waktu tidur.

Menjaga Pola Tidur

Salah satu cara agar kuat puasa saat bekerja adalah dengan menjaga pola tidur dan istirahat Anda selama bulan ramadan. Hindari untuk tidur terlalu larut karena dapat membuat tubuh mudah lelah saat siang hari.

Melakukan olahraga ringan

Olahraga merupakan suatu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang menjalani puasa. Jika Anda tidak melakukan gerakan fisik sama sekali maka dikhawatirkan akan berdampak buruk pada kebugaran tubuh. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan ketika sore hari sebelum berbuka.

See also  Sejarah Awal Mula Adzan dan Doa Setelah Adzan

Menjaga Wudhu

Untuk menghindari rasa kantuk hebat saat bekerja, Anda bisa mencegahnya dengan selalu menjaga wudhu. Wudhu membuat wajah terasa lebih segar sehingga pikiran menjadi jernih.

Bagaimana? Tips semangat kerja saat puasa yang telah disebutkan di atas mudah sekali untuk dilakukan bukan. Anda juga bisa bergabung dalam program positif di EF Adults untuk meningkatkan rasa semangat belajar saat bulan ramadan. Jadi ketika Anda merasa jenuh saat bekerja, Anda bisa mengisi waktu untuk belajar bahasa Inggris agar hari-hari puasa lebih berkesan.