5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

  • 2 min read
  • Mar 24, 2021
Penyebab Rambut Rontok

Tahukah kamu jika manusia bisa mengalami rambut rontok 50 hingga 100 helai rambut per harinya? Meski terdengar menyeramkan, namun kerontokan rambut pada umumnya tidak akan menyebabkan penipisan rambut atau bahkan kebotakan. Pasalnya, kamu memiliki kurang lebih 100 ribu helai rambut di kepala dan helai rambut baru bertumbuh pada waktu bersamaan untuk menggantikan rambut yang rontok.

Lantas apa penyebab rambut rontok? Dan bagaimana cara mengatasinya? Temukan jawabannya dengan menyimak penjelasan penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya dibawah ini :

  1. Faktor Stres dan Cara Mengatasinya

Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok dalam jumlah yang banyak meski sementara seperti segala macam trauma fisik mulai dari stress berat, kecelakaan, setelah melahirkan, penurunan berat badan secara drastis, dan penyakit serius.

Cara mengatasinya adalah pastikan kamu menghindari segala hal yang bisa membuat stress. Cobalah untuk selalu berpikir positif dengan cara meditasi dan melakukan yoga. Efek tenang yang tercipta dari meditasi dan yoga dapat membantu kamu untuk berpikir jernih.

  1. Rambut Rontok Karena Turunan

Penyebab rambut rontok yang paling umum adalah karena genetic. Gen bisa diturunkan dari salah satu pihak keluarga, namun kamu memiliki resiko kerontokan rambut yang lebih tinggi jika orang tuamu mengalami kerontokan rambut juga.

Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi obat penumbuh rambut, meski pada wanita, dosisnya itu harus diperkecil. Ada dua jenis obat yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kerontokan rambut yaitu Minoxidil dan Finasteride.

  1. Kelebihan Vitamin A

Seperti yang dilansir dari health.com yang merujuk pada American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin A atau obat obat tertentu ternyata dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Cara ampuh mengatasinya adalah dengan membatasi dan mengurangi asupan vitamin A hingga kembali normal. Namun, pastikan kamu selalu memperhatikan terlebih dahulu kandungan didalamnya sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral.

  1. Kekurangan Vitamin B

Meski defisiensi vitamin B termasuk jarang, namun kerontokan rambut karena kekurangan vitamin B juga bisa terjadi. Meski begitu rambut rontok karena kekurangan vitamin B ini termasuk yang mudah ditangani.

Cara efektif mengatasinya adalah dengan rutin mengkonsumsi suplemen vitamin B, serta merubah pola dan menu makan kamu dengan bahan bahan makanan yang kaya vitamin B (daging, ikan, jagung, kentang, labu, kacang polong, ubi), serta buah buahan non sitrus yang mengandung lemak baik, seperti alpukat juga kacang kacangan.

  1. Kekurangan Protein

Penyebab rambut rontok lainnya adalah karena kamu sedang menjalani diet rendah protein. Protein merupakan zat pembangun utama tubuh, termasuk juga sel rambut. Asupan protein yang terlalu rendah bisa melemahkan struktur rambut serta memperlambat pertumbuhan rambut. Penyebab rambut rontok karena kekurangan protein ini baru bisa mulai terlihat 2 hingga 3 bulan setelah penurunan asupan protein.

Cara mengatasinya sangat mudah, kamu hanya perlu mencukupi kebutuhan protein harianmu. Standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah sekitar 56 hingga 59 gram per hari untuk perempuan, sedangkan untuk laki laki 62 hingga 66 gram per hari.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan asupan protein dari ikan, daging, serta telur. Namun jika kamu seorang vegan atau vegetarian, kamu bisa penuhi kebutuhan protein dari kacang kacangan seperti kacang almond, tahu dan tempe, hingga beberapa buah serta sayuran tinggi protein (alpukat, kurma, jambu biji, nangka, pisang, brokoli, jamur, kentang, jagung manis, dan asparagus).