BSI Mobile – Kegunaan, Cara Registrasi, dan Biaya-Biayanya

  • Raja-Makan
  • Jan 01, 2022

BSI Mobile adalah fasilitas mobile banking yang disediakan Bank Syariah Indonesia bagi para nasabahnya untuk memiliki akses ke rekening tabungan dan melakukan transaksi online. 

Mobile banking ini bisa diakses kapan saja di atm bsi terdekat dan di mana saja melalui perangkat smartphone, baik Android maupun iOS.

Fitur-fitur yang terdapat di BSI Mobile, yaitu:

  • pengecekan informasi saldo,
  • transfer uang,
  • bayar kebutuhan sehari-hari,
  • bayar zakat, dan masih banyak lagi.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kegunaan dan fiturnya, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara registrasi dan aktivasi m-Banking BSI ini.

Cara Registrasi dan Aktivasi BSI Mobile

Proses registrasi dan aktivasi BSI Mobile sangatlah mudah. Berikut ini tata caranya.

  1. Nasabah mengunjungi Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia. 
  2. Mengambil nomor antrean customer service.
  3. Setelah antrean dipanggil, katakan tujuan kedatangan untuk registrasi BSI Mobile. 
  4. Petugas akan melakukan proses registrasi dan nasabah akan menerima SMS yang berisikan kode aktivasi. 
  5. Setelah itu, unduh aplikasi BSI Mobile di perangkat ponsel. 
  6. Buka aplikasi dan pilih “Sudah Memiliki Rekening”.
  7. Kemudian pilih “Aktivasi” 
  8. Masukkan nomor ponsel dan kode aktivasi yang telah dikirimkan pihak BSI. 
  9. Buat kata sandi untuk m-Banking BSI dan proses aktivasi selesai. 

Setelah aktivasi selesai, nasabah bisa mulai menjelajah ke fitur-fitur canggih yang ada di dalam mobile banking BSI tersebut. 

Kegunaan BSI Mobile dari Fitur-fiturnya

Seperti halnya mobile banking bank lainnya, m-Banking BSI juga menawarkan fitur-fitur yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi.

Fitur-fitur tersebut mulai dari melihat info rekening, transfer, hingga melakukan pembayaran-pembayaran penting lainnya.

1. Info rekening

Fitur pertama yang harus ada di mobile banking adalah fitur info rekening BSI. Fitur ini dimaksudkan agar nasabah bisa melakukan pengecekan terhadap segala informasi yang berkaitan tentang transaksi di rekening. 

Dalam fitur pertama ini, nasabah bisa melihat:

  • informasi saldo,
  • daftar mutasi rekening,
  • tanggal mutasi,
  • informasi portofolio, hingga daftar transaksi terjadwal. 

Jadi, kalau misalnya mau melihat jumlah saldo rekening saat ini, nasabah bisa memilih “Informasi Saldo”. Kemudian jika mau melihat rekapitulasi pengeluaran dan pemasukan dalam beberapa hari belakangan, nasabah bisa memilih “Daftar Mutasi Rekening”. 

2. Transfer

Fitur selanjutnya adalah fitur transfer atau kirim uang. Fitur ini memudahkan nasabah dalam mengirim uang ke rekening BSI ataupun rekening bank lainnya tanpa harus jauh-jauh pergi ke ATM. 

Transfer bisa dilakukan secara online ataupun transfer SKN/kliring selama 24 jam nonstop. Namun, pastikan kalau kamu memiliki jaringan internet yang stabil ya!

Soal keamanan, nasabah akan diminta untuk memasukkan PIN saat hendak transfer uang layaknya di mesin ATM BSI.  

3. Pembayaran

Dengan mobile banking BSI, segala pembayaran kebutuhan harian dan bulanan bisa dilakukan dari mana saja. Adapun layanan pembayaran yang bisa dilakukan, yaitu: 

  • Pembayaran biaya pendidikan atau akademik. 
  • Pembayaran listrik PLN. 
  • Pembayaran layanan telepon dan Telkom Pay. 
  • Pembelian tiket transportasi. 
  • Pembayaran premi asuransi. 
  • Bayar langganan internet dan TV kabel.
  • Pembayaran belanja di e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee. 
  • Iuran BPJS.
  • Pembayaran air PDAM. 
  • Pembayaran haji dan umrah.

4. Pembelian

Mau beli-beli keperluan harian dan bulanan yang dibutuhkan, seperti pulsa atau paket data? Nasabah bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja dengan fitur pembelian dari mobile banking BSI. 

Dalam fitur ini, gak cuma pulsa dan paket data aja, tetapi kamu juga bisa membeli token listrik. Jadi, gak perlu khawatir lagi kalau misalnya tengah malam token listrik habis.