Biar Tidak Nyesel, Cek Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik Ini Sebelum Beli!

  • 2 min read
  • Mar 05, 2020
Kompor Listrik

Dapur memiliki jiwanya tersendiri jika dipoles dengan baik. Apalagi bagi Anda yang hobi memasak, maka akan memastikan bila suasana dapur sangat nyaman untuk menyajikan makanan yang nikmat. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah jenis kompornya. Mau kompor gas atau kompor listrik?

Mengingat keberadaan kompor minyak saat ini yang makin ditinggalkan, banyak orang saat ini lebih memilih kompor listrik sebagai partner memasaknya. Mengapa? Nah, bagi Anda yang sedang mempertimbangan hendak membeli kompor listrik atau tidak, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan kompor listrik.

Panas yang Lebih Merata dan Efisien

Salah satu kelebihan dari kompor listrik ketimbang kompor gas maupun kompor minyak adalah panasnya yang tersebar lebih merata dan efisien. Bentuknya yang pipih ini juga yang mendukung panasnya merata. Coba saja  bandingkan dengan api yang dihasilkan oleh kompor gas! Pasti apinya tidak merata. Ada bagian yang apinya besar, sehingga panas hanya ada di satu sisi tersebut. Memasak pun jadi kurang efektif. Berbeda dengan kompor listrik. Selain panas yang merata, bagian bawah panci pun tidak akan berwarna hitam karena panas api yang berlebihan.

Pengaturan Suhu yang Lebih Mudah dan Tepat

Hal menarik lain yang akan Anda rasakan ketika memasak menggunakan kompor listrik adalah pengaturan suhunya yang lebih canggih. Suhu panas ini bisa diatur dengan tepat sesuai jenis masakannya. Berbeda dengan kompor gas yang harus mengira-ira apakah api yang dinyalakan sudah tepat. Dengan panas yang sesuai inilah maka akan menghasilkan masakan dengan tingkat kematangan yang sempurna. Nah, bagi Anda yang masih pemula dalam hal masak-memasak, pilihan kompor listrik adalah yang paling tepat.

Harga yang Tergolong Mahal

Ya, meskipun sebagian masyarakat sudah beralih ke kompor listrik, namun ada juga yang masih bertahan menggunakan kompor gas. Salah satunya karena harga perangkat dapur ini yang tergolong mahal. Namun, apa sih sebenarnya yang membuat kompor ini lebih mahal? Sudah pasti karena fitur yang ditawarkannya bukan? Mulai dari setting suhu, praktis, dan desain yang modern sebanding dengan harganya. Jadi, Anda tidak akan rugi membayar mahal. Apalagi, saat ini sudah mulai bermunculan tempat jual kompor listrik murah yang bisa Anda pertimbangkan.

Membutuhkan Banyak Energi Listrik

Dilihat dari namanya, kompor listrik, maka sudah jelas jika kompor ini membutuhkan daya listrik untuk menyalakannya. Sayangnya, dayanya terbilang cukup besar antara 300-1200 watt. Apalagi untuk ukuran sebuah perangkat elektronik. Jadi, bagi Anda yang sudah mantap untuk beralih ke kompor listrik, pastikan daya listriknya memenuhi dan bersiap dengan tagihan listrik bulanan yang membengkak. Selain itu, lakukan beberapa perawatan khusus supaya kompor listrik Anda bisa awet dan berfungsi maksimal.

Jangan Sampai Masakan Tumpah

Seringkali, ketika memasak ada bagian porsi yang tumpah secara tidak sengaja. Padahal, hal ini harus dihindari supaya tidak membuat permukaan kompor kusam dan akhirnya rusak.

Bersihkan Secara Berkala

Kompor listrik juga butuh perawatan dengan dibersihkan secara berkala. Paling tidak, bersihkan kompor ini 1-2 minggu sekali.

Nah, itulah beberapa pertimbangan sebelum membeli kompor listrik. Untuk informasi selengkapnya terkait harga, Anda bisa cek di JD.ID! JD.ID menyediakan beragam produk kompor listrik lengkap. Mulai dari harga kompor listrik Maspion, harga kompor listrik tanam, harga kompor listrik 2 tungku, harga kompor listrik Modena, dan harga kompor listrik Shimono tersedia. Masih ragu?