Beragam Manfaat dari Serum Wajah

  • 4 min read
  • Dec 13, 2019
Beragam Manfaat dari Serum Wajah

Untuk mendapatkan wajah yang sehat bercahaya anda juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk kulit wajah. Memiliki wajah yang sehat akan menunjang penampilan dan juga penggunaan make up yang anda gunakan. Ketika wajah anda memiliki kulit yang sehat, maka tidak sulit untuk menentukan riasan yang cocok untuk anda. Berbeda ketika wajah anda sedang bermasalah. Contohnya ketika wajah anda sedang berjerawat cukup parah, maka di butuhkan kemampuan ekstra untuk dapat menutupi kekurangan pada wajah, dimana hal ini membutuhkan banyak dempul untuk menyamarkan noda pada wajah yang ingin disembunyikan. Berbeda ketika anda memiliki kulit wajah yang sehat, bebas dari komedo, jerawat dan juga flek hitam, proses make up pun juga akan semakin cepat karena tidak banyak bagian wajah yang perlu dikoreksi. Tentu di butuhkan usaha untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat berseri ini. Selain di tunjang oleh asupan nutrisi yang cukup seperti mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup juga di perlukan nutrisi langsung untuk wajah. Namun sedikit berbeda dengan nutrisi yang di butuhkan tubuh, nutrisi untuk wajah hanya membutuhkan dalam jumlah yang kecil. Nutrisi wajah ini banyak di jumpai dalam bentuk serum wajah. Serum wajah pada umumnya dikemas botol kecil berisi cairan atau gel dengan kandungan aktif mineral, vitamin dan antioksidan. Cara penggunaannya pun juga tidak sulit, sama seperti menggunakan pelembab kulit pada umumnya.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan serum wajah. Salah satunya untuk melembabkan kulit wajah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa serum cairan penuh vitamin dan antioksidan yang berfungsi untuk mempertahankan kelembapan kulit. Untuk jenis serum yang berfungsi untuk melembabkan kulit dengan baik anda bisa menggunakan serum yang mengandung ekstra e-moisture. Serum dengan kandungan e-moisture ini sangat cocok di gunakan untuk anda dengan jenis kulit kering. Serum wajah ini juga baik untuk menahan pengaruh buruk dari sinar matahari dan polusi udara. Bagi anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, menggunakan serum wajah sangat dianjurkan. Cukup gunakan serum wajah ini sebelum keluar ruangan sebagai pelindung wajah dari polusi dan paparan sinar matahari. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan tabir surya agar efek buruk dari UVA dan UV b tidak dapat masuk kedalam kulit. Serum yang beredar di masyarakat berwarna bening atau tidak berwarna, sehingga serum ini tidak dapat memberikan koreksi terhadap kekurangan pada wajah anda. Oleh karena itu anda bisa menggunakan make up setelah menggunakan serum pada seluruh permukaan wajah, serum berguna sebagai perlindungan dari radikal bebas dan make up sebagai zat untuk memperindah penampilan.

Beragam Manfaat dari Serum Wajah

Penggunan serum juga bisa berguna untuk mengurangi minyak berlebih. Meskipun wajah anda termasuk jenis kulit berminyak anda tidak perlu khawatir penggunaan serum. Produk ini tidak membuat wajah anda semakin berminyak Bahkan penggunaan serum dapat mengurangi kadar minyak dalam kulit anda.  karena pada dasarnya serum di formulasikan tanpa tambahan minyak, meskipun demikian fungsi dari serum untuk melembabkan kulit tetap berkerja maksimal. Penuaan dini juga bisa di cegah dengan pengunaan serum secara rutin. Paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya keriput, flek hitam dan garis-garis halus. seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa serum juga bisa di gunakan untuk mengurangi pengaruh buruk dari sinar matahari, dengan demikian serum juga dapat menghambat penuaan dini yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Segudang manfaat dari serum ini dapat anda rasakan dengan nyata ketika anda dapat menggunakannya dengan benar. Cara penggunaan serum ini sangat berpengaruh terhada hasil yang akan anda peroleh. Ada serangkaian aturan dalam penggunaan serum ini agar fungsi dan manfaat dari serum dapar dirasakan dengan baik. Pertama sebelum menggunakan serum pada wajah, pastikan wajah anda telah bersih terbebas dari noda dan kotoran yang menempel. Basuhlah muka anda dengan clenser favorit anda, bilas dan keringkan menggunakan handuk bersih. Hindari mengerigkan kulit hingga benar-benar kering. Usahakan kulit masih terasa lembab agar serum dapat bekerja secara optimal. Setelah mencuci muka jangan langsung menggunakan serum. Gunakan toner terlebih dahulu untuk menyamakan ph kulit. Penggunaan toner tidaklah sulit. Sebagaimana toner yang berberntuk cair, gunakan kapas kecantikan untuk mengambil beberapa tetes toner dan usapkan menyeluruh pada wajah anda. Tunggu beberapa saat hingga toner meresap pada kulit. Setelah itu barulah masuk pada penggunaan serum. Biasanya bentuk serum yang dijual secara bebas ada yang berbentuk cair ada pula yang berbentuk gel dan krim. Anda bisa langsung mengaplikasikan serum pada wajah anda dengan cara mengambil sedikit produk dan menepuk-nepuk ringan pada seluruh wajah dan leher jika perlu. Jika serum berbentuk cair letakkan beberapa tetes serum di telapak tangan lalu usapkan merata pada wajah, jika berbentuk gel buat titik-titik pada wajah seperti satu titik di dahi, hidung, pipi kanan dan kiri dan juga dagu kemudian ratakan hingga seluruh permukaan wajah terolesi sempurna. Penggunaan serum yang dianjurkan yaitu pada pagi dan malam hari.

Namun waktu terbaik untuk menggunakan serum adalah pada malam hari, karena pada malam hari kulit anda  dalam keadaan rileks dan santai sehingga produk yang di berikan mudah diserap dengan baik. Serum ini juga bisa di gunakan sejak masih muda. Penggunaan serum yang semakin dini bisa mencegah beragam masalah yang akan muncul dikemudian hari. Seperti menabung nutrisi, penggunaan serum sejak dini membuat kulit semakin kuat dan ternutrisi dengan  baik, sehingga tidak mudah untuk mengalami masalah dikemudian hari.

Dari sekian banyak manfaat yang di berikan serum ternyata ada juga efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan serum ini, meskipun tidak selalu terjadi, namun ada baiknya anda mengetahui kemungkinan buruk yang bisa ditimbbulkan oleh penggunaan serum ini antara lain dapat menyebabkan iritasi. Meskipun hal ini jarang terjadi namun ada beberapa kasus iritasi yang dialami oleh orang yang memiliki jenis wajah berjerawat dan sensitif. Hal ini disebabkan oleh zat aktif yang terkandung didalam serum tidak cocok dengan kondisi kulit pemakainya. Sehingga menyebabkan penolakan dan timbullah ritasi wajah, serum juga bisa menjadi prooksidan. Seharusnya fungsi dari serum bekerja sebgai antioksidan yang berfungi untuk merawat kulit. Namun pada prakteknya ada beberapa kasus yang membuat serum menjadi prooksidan atau bersifat merusak pada kulit itu sendiri, biasanya hal ini terjadi pada serum vit c yang    bereakasi dengan senyawa lain dan menyebabkan prooksidan. Efeksampng selanjutnya adalah dapat menyebabkan takifilaksis. Yaitu kondisi respon tubuh yang menurun akibat pemberian obat yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Khusus untuk serum anti aging yang seringkali memberikan efek samping takifilaksis ini. Dimana serum anti penuaan ini memicu kulit untuk menciptakan kolagen terus menerus agar kulit tetap terlihat kencang dan awet muda. Untuk usia 20 hingg 30 tahun tubuh masih bisa membuat kolagen secara alami namun menginjak usia 30 tahun keatas produksi kolagen sudah menurun, dan serum ini memaksa kulit untuk terus menghasilkan sesuatu yang alaminya tidak dapat di buat dalam jumlah banyak. Oleh karena itu pada usia tertentu penggunaan serum pada dosis yang sama tidak memberikan dampak yang sama lagi.