5 Tips Mudah dan Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Puasa

  • Raja-Makan
  • Apr 28, 2021
Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut tak sedap terkadang sulit dihindari saat menjalankan ibadah puasa. Bau mulut muncul karena kondisi mulut yang cenderung kering serta tidak beraktivitas selama puasa, ditambah lagi adanya bakteri dalam mulut. Tapi, bukan berarti hal tersebut bisa kamu biarkan begitu saja. Jangan sampai bau mulut mengganggu waktu puasa kamu dan membuat jadi tidak percaya diri ketika ngobrol dengan teman sekolah atau teman kerja.

Untuk cara mengatasi bau mulut saat puasa, berikut dibawah ini ada 5 tips mudah dan ampuh atasi bau mulut saat puasa :

  1. Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Setelah makan sahur jangan lupa sikat gigi supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal dan jadi sarang untuk bakteri berkembang didalam mulut. Untuk kebersihan ekstra, gunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan bagian sela-sela gigi yang mungkin sulit dijangkau saat menyikat gigi.

Selain itu, pastikan juga kamu menjaga kebersihan lidah supaya terhindar dari bau mulut dan nafas yang tidak sedap. Cara membersihkan lidah sangat mudah, kamu hanya perlu menyikat lembut lidah bagian atas dengan gerakan memutar. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan alat pembersih khusus lidah.

  1. Minum Air yang Cukup

Usahakan minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas dalam satu hari saat sahur dan buka puasa untuk meminimalisasi bau mulut saat puasa. Air putih yang kamu minum dapat membantu meningkatkan produksi air liur atau saliva didalam mulut sehingga kebersihan mulut akan tetap terjaga.

Minum air putih paling tidak 8 gelas ini tidak hanya untuk menghindari bau mulut saja, namun juga untuk memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa. Dengan begitu, kamu bisa tetap segar beraktivitas sepanjang hari dan terhindar dari dehidrasi.

  1. Pilih Jenis Makanan yang Tepat untuk Mencegah Bau

Perbanyak konsumsi sayur dan buah saat sahur dan buka puasa. Sebab, sayur dan buah bisa membuat mulut terasa segar saat berpuasa seharian. Jika memungkinkan, konsumsi buah buahan yang mengandung banyak air seperti semangka dan melon.

Buah dan sayur lain yang baik dikonsumsi untuk mencegah bau mulut seperti apel, wortel, dan bengkuang. Kamu juga bisa konsumsi yoghurt untuk mengurangi bau mulut, karena yoghurt terbukti ampuh dapat mengatasi bakteri penyebab bau mulut.

  1. Minum Teh Hijau Saat Sahur dan Buka Puasa

Selain air putih, kamu juga bisa minum teh hijaun untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Kamu tinggal seduh teh hijau dan meminumnya saat sahur dan buka puasa. Tapi, jangan tambahkan gula kedalamnya.

Kandungan polifenol atau antioksidan dalam teh hijau dapat membantu mengatasi bakteri pada saluran pernafasan dan mulut. Senyawa antioksidan dalam teh hijau juga dapat mencegah pertumbuhan serta kanker dalam mulut dan gigi.

  1. Hindari Merokok

Sebaiknya kamu menghindari atau mengurangi kegiatan merokok saat berpuasa, karena dapat menimbulkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Hal tersebut dikarenakan rokok dapat menyebabkan rongga mulut menjadi kering. Selain itu, nikotin pada rokok juga akan menempel di gigi, sehingga menjadi plak yang dapat menimbulkan bau mulut. Rokok juga dapat meningkatkan resiko masalah pada gusi, sehingga dapat memicu munculnya bau tak sedap. Jadi, usahakan untuk mengurangi merokok saat berpuasa, sehingga bakteri dalam mulut dari sisa merokok tidak akan diolah menjadi bau mulut.

Related Post :